Cara Membuat Temporary Table dengan VirtualTable dengan Borland Delphi7


Cara Membuat Temporary Table dengan VirtualTable dengan Borland Delphi7


Hai Guys,
Minggu lalu saya sudah share mengenai cara membuat form login tanpa database ataupun dengan database menggunakan software Borland Delphi 7, yang belum baca bisa langsung klik disini. Oke kali ini saya ingin share tentang cara membuat temporary table menggunakan add on VirtualTable. Sebelumnya bagi yang belum tau, temporary table merupakan sebuah penyimpanan sementara sebagai perantara antara program dengan database. Salah satu fungsi dari temporary table adalah kita dapat menggabungkan 2 atau lebih database untuk kita satukan dalam satu table, biasanya saya pakai fitur ini untuk membuat  report data. Selain itu temporary table juga dapat membantu kita untuk membuat table selection (pilihan) secara default untuk aplikasi kita (tanpa harus menyimpannya dalam database). Umumnya untuk membuat temporary table kebanyakan orang menggunakan stringGrid (grid temporary table bawaan Delphi 7), namun kali ini kita akan bahas cara membuat temporary table menggunakan VirtualTable.

Pertama kita download dulu instalasi VirtualTable disini. Setelah download, ekstrak file dan install, cara install cukup mudah, tinggal klik next next hingga selesai (perlu diingat, sebelum instal pastikan Borland Delphi7 tidak terbuka, jika terbuka maka proses instalasi tidak bisa berjalan). Oke, setelah VirtualTable telah terinstal, selanjutnya sobat buka software Borland Delphi7, jika instalasi sukses maka virtual table akan muncul pada tab Data Access seperti gambar di bawah ini.


Berikut contoh penggunaan VirtualTable


Contoh di atas saya menggunakan VirtualTable untuk meyimpan sementara sebuah transaksi, sebelum kita menyimpan ke database global, jadi apabila ada kesalahan tidak berpengaruh langsung ke database kita. 

Oke langsung saja berikut cara menggunakan VirtualTable.
1. Buka Aplikasi Delphi 7 kemudian jangan lupa save Form dan Project dalam satu folder tersendiri, kemudia drop virtualTable yang sudah kita instal tadi ke form yang kita buat.


2. Atur field apa aja yang akan kita simpan di virtualtable ini dengan klik (...) FieldDefs pada object inspector, maka akan muncul window baru untuk membuat fields (sama layaknya kita membuat fields pada database termasuk type dari fieldnya).


3. Buat fields pada dengan klik tombol add new (kotak kuning berbintang sebelah kiri atas) dan atur fields sesuai keinginan kita. Disini saya mencontohkan 3 fields : no, nama dan tanggal_lahir.


4. Setelah selesai close window FieldDefs, dan set active True VirtualTable1 pada object inspector.
5. Tambahkan 1 buah DataSource dan 1 buat DBGrid pada form kita, koneksikan DataSource1 dengan virualtable1 dan DBGrid engan DataSource1, maka akan tampil seperti gambah di bawah ini.


6. Tambahkan 2 buah lable 1 buah editText, 1 buat DateTimePicker dan 3 buah button, dan atur seperti gambar di bawah ini.


7. Oke lanjut ke listing programnya, double klik pada button1 (tombol simpan) dan masukkan masukkan list program berikut

procedure TForm1.Button1Click(Sender: TObject);
var no:integer;
begin
  no:=virtualtable1.RecordCount+1;
  virtualtable1.Append;
  virtualtable1.FieldByName('no').AsInteger:=no;
  virtualtable1.FieldByName('nama').AsString:=edit1.Text;
  virtualtable1.FieldByName('tanggal_lahir').AsDateTime:=datetimepicker1.Date;
  virtualtable1.Post;
end;

8. Jika kita Run maka akan tampil seperti gambar dibawah ini.


9. Selanjutnya, pada masukkan list ke tombol hapus dan reset sebagai berikut

//Prosedur Button Delete
procedure TForm1.Button2Click(Sender: TObject);
begin
  virtualtable1.Delete;
end;

//Prosedur Button Reset
procedure TForm1.Button3Click(Sender: TObject);
var i:integer;
begin
  for i:=1 to virtualtable1.RecordCount do
    begin
      virtualtable1.Delete;
    end;
end;

10. Button delete fungsinya untuk menghapus data satu per satu, sedangkan button reset untuk menghapus semua data.

Selesai, demikian tutorial salah satu fungsi virtual table yang bisa saya share di kesempatan kali ini, apabila ada perntanyaan atau request tutorial lain, silahkan ketik di kolom komentar atau bisa lewat email.
Semoga tutorial ini bermanfaat, salam Daily Programmer.

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Membuat Form Login Sederhana dengan Borland Delphi 7

Belajar Borland Delphi 7