Cara koneksikan Arduino Mega dengan VTScada Lite


Cara koneksikan Arduino Mega dengan VTScada Lite


Hai sobat,
Minggu lalu saya sudah share tentang bagaimana membuat koneksi antara Arduino dengan PC melalui Ethernet Shield, bagi yang belum baca bisa baca dulu disini. Nah kemarin juga saya sudah kasih tau mengenai software VTScada Lite sebagai HMI, jadi hari ini saya mau share lagi nih bagaimana sih koneksikan Arduino dengan VTScada?

Sebenarnya gampang banget temen-temen, langsung aja,

1. Pastikan arduino kalian sudah kalian flash dengan program modbus yang sudah kalian buat. Kemudian pastikan ip address pada board arduino, tidak sama dengan ip address pada komputer client.

berikut program pada Arduino IDE:

#include <SPI.h>
#include <Ethernet.h>
#include "Mudbus.h"
Mudbus Mb;
void setup()
{
  uint8_t mac[]     = { 0x90, 0xA2, 0xDA, 0x00, 0x51, 0x06 };
  uint8_t ip[]      = { 192, 168, 1, 120 };
  uint8_t gateway[] = { 192, 168, 1, 1 };
  uint8_t subnet[]  = { 255, 255, 255, 0 };
  Ethernet.begin(mac, ip, gateway, subnet);
  pinMode(7, INPUT);
  pinMode(8, OUTPUT);
}

void loop()
{
  Mb.Run();
 
//kontrol analog
  Mb.R[0]             = analogRead(A0);

//kontrol digital
  Mb.C[0]             = digitalRead(7); //pin 7 to Mb.C[0]
  digitalWrite(8, Mb.C[1]); //pin 8 from Mb.C[1]
}

2. Koneksikan board arduino kalian ke PC dengan kabel LAN.
3. Jika sudah terhubung, alangkah baiknya kita cek koneksi terlebih dulu dengan “ping” board arduino melalui CMD pada PC Client.
4. Langkah selanjutnya kita buka software VTScada yang sudah kita install sebelumnya. Tunggu beberapa saat (biasanya awal buka agak lama, jadi harus sabar).
5. Setelah terbuka biasanya jika belum pernah membuat aplikasi, akan langsung muncul window Add Application Wizzard,  klik next.

6. Pilih Quick Add, dan beri nama aplikasi terserah keinginan kita. Klik Next.

7. Klik Finish (centang Start Application Now).

Tunggu proses loading sampai selesai dan muncul halaman utama aplikasi yang akan kita buat, disana terdapat beberapa contoh tampilan yang bisa kita buat acuan dalam membuat aplikasi kita nanti.

Jika sudah muncul tampilan uma sekarang langkah selanjutanya adalah pembuatan “TAG”.  Kemudian klik new sehinggal muncul window baru.


Klik Port è TCP/IP Port

Kemudian setting nama, IP Address (sesuai yang kita flash di arduino) dan port (untuk port modbus 502). Kemudian klik OK.


Setelah Port, kita buat modbus drivernya. Dengan klik kanan PORT tadi kemudian klik NEW CHILD èDriversèMobus Compatible Device, maka akan muncul window baru, isikan nama driver (jangan pakai spasi), dan di tab option centang Open Modbus TCP.





Setting koneksi selesai, langkah selanjutnya adalah tagging, nah disinilah kita dituntut untuk kreatif dan hemat tag, agar aplikasi kita nantinya bisa maksimal. Oke sebelumnya saya jelaskan dulu untuk hubungan antara tag di Arduino IDE dan tag di VTScada. Tag arduino menggunakan Mb.R[n] untuk komunikasi data analog (ADC) dan Mb.C[n] untuk komunikasi data digital dengan n adalah register, dan register pada Arduino IDE dimulai dari 0, contohnya Mb.R[0], Mb.R[1], Mb.C[0], Mb.C[1], dst. Sedangkan tag pada VTScada menggunakan 4000n untuk data analog dan n untuk data digital, dan register pada VTScada dimulai dari 1, jadi untuk Mb.R[0] di arduino adalah 40001 di VTScada, dan jika Mb.C[1] di arduino maka 2 di VTScada.

Oke mari kita lanjutkan untuk pembuatan Tag. Klik kanan pada driver yang kita buat tadi, kemudian klik new ChildèAnalogsèAnalog Status. Kemudian Setting seperti gambar di bawah ini.




Kemudian lakukan hal yang sama untuk membuat digital status new ChildèDigitalsèDigital Status, dan setting seperti gambar di bawah ini. Kemudian klik OK dan close window tag browser.



Setelah selesai melakukan tag, kemudian mari kita mendesain tampilan dengan klik idea Studio, dan buatlah tampilan analog dan digital sesuai keinginan anda.




Double klik pada komponen untuk melakukan tag ke tag browser yang telah kita buat sebelumnya
Lakukan hal yang sama pada setia komponen.


Selesai, Aplikasi kita sudah jadi, jika ada pertanyaan bisa langsung tulis di kolom komentar atau kirim ke email saya, akan saya usahakan fast respon. Tidak ada hasil yang menghianati USAHA, selamat mencoba, semoga bermanfaat!

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Membuat Form Login Sederhana dengan Borland Delphi 7

Cara Membuat Temporary Table dengan VirtualTable dengan Borland Delphi7

Belajar Borland Delphi 7