Belajar Borland Delphi 7


Belajar Borland Delphi 7


Hai teman-teman.
Kembali lagi dengan Daily Programmer. Pekan lalu saya sudah share mengenai awal mula saya kenal pemrograman, dan beberapa tutorial yang sudah saya sampaikan tentang Arduino dan VTScada Lite. Kali ini saya mau share tentang Belajar Borland Delphi 7. Ya di awal blog ini saya buat saya sudah share bahwa basic saya adalah pascal dan software yang  masih saya gunakan sampai sekarang yaitu Borland Delphi 7. Di kalangan programmer pada umumnya mungkin Delphi 7 sudah tergolong jadul, namun menurut saya Delphi 7 sudah cukup memadai untuk belajar membuat aplikasi bahkan “masih layak untuk diperjualbelikan”. Fasilitas yang terdapat di Delphi 7 sudah cukup baik dan lengkap, namun untuk lebih cantik dan menawan, saya menambahkan beberapa add on yang bisa kita dapat dan download secara GRATIS dari mesin pencari.


Sebelum belajar, pertama kita harus mempersiapkan perlatan perang kita.
1. PC/Laptop. Tidak perlu yang keren, cukup standar saja. OS Windows XP pun bisa.
2. Software Delphi 7. Bisa di download di mesin pencari, lain waktu saya kasih link, belum sempat upload.

Oke, setelah peralatan siap, instal software Delphi 7 di komputer kalian dan buka aplikasinya. Untuk tutorial pertama saya akan mengajarkan dasar, yaitu untuk menampilkan/merubah tampilan sebuah edit text  dengan meng-klik sebuah button.

Pertama, Klik File kemudian pilih New Application, setelah muncul jendela baru save dulu project kita sebelum kita melanjutkan (dianjurkan untuk membuat folder sendiri di setiap aplikasi yang kita buat). Save form dan project dengan nama yang berbeda (nama project akan menjadi nama aplikasi kita nantinya).

Setelah aplikasi tersimpan, langkah Kedua yang kita kerjakan yaitu menambahkan 1 button dan 1 editText pada form, form bisa disesuaikan sesuai keinginan, contoh seperti gambar di bawah ini


Ubah caption button1 menjadi “ON” dan Text pada EditText kosongkan “”. Untuk merubahnya cukup kita pergi ke panel di sebelah kiri, disitu terdapat component properties yang bisa kita atur sesuai selera.


Langkah berikutnya adalah memberi coding pada komponen Button1, dengan cara double click pada komponen button1 kemudian tambahkan coding seperti gambar di bawah ini. Jangan lupa untuk save di setiap kita melakukan perubahan.


Langkah terakhir yaitu kita klik RUN pada menu di atas yang berbentuk panah warna hijau, atau bisa dengan klik F9 pada keyboard kalian.



Dan selesai, coba klik button, maka akan terjadi perubahan pada aplikasi kita. Aplikasi akan otomatis berextensi “.exe” pada folder yang sudah kita buat, dan untuk menjalankan aplikasi ini tinggal buka biasa seperti kita membuka aplikasi lainnya (Ms. Word misalnya) tanpa perlu membuka program Delphi 7.
Oke teman-teman sekian dulu tutorial singkat mengenai Delphi 7, nantinya akan ada banyak hal lagi yang pengen saya share. Tunggu postingan selanjutnya, jika ada yang ingin ditanyakan bisa langsung tulis di kolom komentar atau bisa kirim ke email saya, saya usahakan fast respon. Salam Programming.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Membuat Form Login Sederhana dengan Borland Delphi 7

Cara Membuat Temporary Table dengan VirtualTable dengan Borland Delphi7